Pengalaman hidup

Pengalaman kita akan sesuatu yang baru ataupun pada sesuatu yang biasa kita lakukan sebagai suatu rutinitas tentunya akan memberi kesan tersendiri dalam kehidupan kita, yang mungkin tidak akan pernah bisa tergantikan oleh sesuatu apapun yang seakan menyerupainya. Terkadang hal itu juga lah yang menjadi kebanggan kita untuk bisa menghadapi perjalanan hidup ini, seakan selalu menyertai kemanapun kita pergi, dan dimanapun kita menyandarkan harapan hidup kita ini. Ada kalanya juga kita bisa berbagi, menceritakan semuanya tentang apa yang kita rasa, karenanya tak heran jika pengalaman lah yang seakan membuat kita ini lebih dewasa dalam menjalani kehidupan ini. Pengalaman adalah masa lalu, baik buruknya pengalaman pun adalah anugerah, dimana kita bisa mengambil setiap hikmah atas terjadinya kejadian itu sebagai suatu pengalaman hidup kita, menjadikannya sebuah catatan atau referensi untuk menghadapi persoalan hidup yang sama, atau bahkan persoalan hidup yang baru sekalipun bagi hidup kita, seperti halnya masa kecil kita, masa remaja kita, masa dewasa kita, ataupun masa tua kita kelak.

Keberadaan pengalaman sebagai anugerah pun terkadang tak luput dari perasaan tanggapan kita yang menilai seperti apakah pengalaman yang telah kita dapatkan dari apa yang telah kita lakukan itu, sehingga pengalaman pun terkadang bisa menjadikan suatu mimpi buruk yang sulit untuk dilupakan selamanya, karena ternyata pengalaman yang telah kita alami tersebut adalah pengalaman akan kepahitan hidup kita. Disisi lain, kita justru akan selalu terhibur jika mengingatnya, serasa mampu memberikan energi positiv untuk setiap rasa lelah yang kita rasakan, jika ternyata pengalaman yang kita ingat itu adalah suatu pengalaman yang indah, menyenangkan, atau bahkan memberikan inspirasi baru untuk kehidupan kita.

Namun, semua itupun berbalik kepada tanggapan kita sendiri, apakah dan bagaimanakah kita akan menanggapi setiap pengalaman yang terjadi, yang kemudian berlalu didalam hidup kita, indah ataupun pahitnya, siapkah kita menanggapinya. Semua itu tergantung kepada kita yang memaknai pengalaman itu akan seperti apa dalam anggapan kita, karena kedua kemungkinannya pun adalah anugerah. apakah kita akan tegar, mengambil hikmah dari pahitnya pengalaman yang ternyata telah kita rasakan, ataukah kita akan merasakan keputusasaan yang terus-menerus dan berlarut, sehingga membatasi potensi diri kita untuk bisa berjalan lagi menjalani kehidupan yang lebih baik. Kemudian, apakah kita ini justru akan terlena, terlarut tanpa memikirkan tentang arti anugerah itu sendiri, ketika pengalaman yang kita rasakan ternyata adalah pengalaman hidup yang indah dan menyenangkan. semua tanggapan itu hanya kita yang berhak memberinya, namun semua tanggapan itupun pasti akan ada pertanggungjawabannya, jika kita mampu memahami tentang arti pengalaman itu sendiri sebagai suatu anugerah.

2 Responses

  1. Pengalaman itu adalah pengalaman, karenanya ya, tetap pengalaman pokoknya πŸ™‚ πŸ˜› πŸ˜€ 😦 :-

  2. Pengalaman adalah anugerah kehidupan yg membuat masadepan menjadi lebih baik πŸ™‚ πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: